Bireuen (ANTARA Aceh) - Bupati Bireuen H Ruslan M Daud mengingatkan kepada para calon haji asal daerah itu untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan stamina di Mekkah, mengingat suhu cuaca di Tanah Suci itu tinggi.
     
Ketika melepas 257 orang calon haji di Bireuen, Rabu, Bupati Ruslan mengingatkan jamaah agar menjalin kebersamaan dan kekompakan antar sesama jamaah dan mengikuti arahan petugas, sehingga selama di Tanah Suci bisa melaksanakan ibadah dengan khusuk.
     
Pada kesempatan itu, Bupati Ruslan menyerahkan bingkisan berupa baju dan kain sarung secara simbolis kepada seluruh jamaah calon haji yang akan berangkat dalam beberapa hari ke depan.
     
Penglepasan jamah haji ikut dirangkai dengan peusijuk jamaah calon haji oleh ulama kharismatik Aceh Teungku Muhammad Amin (Abu Tumin) dilanjutkan tausiah oleh Imam Besar Mesjid Agung, Teungku Muhammad Ishak (Abon Cot Tarom).
     
Bupati Ruslan mengatakan, tentunya jamaah calon haji sudah mempersiapkan diri lahir dan batin sebelum berangkat.
     
Laporan dari Kantor Kemenag Bireuen, para jamaah calon haji antusias mengikuti manasik haji.
     
"Kita harapkan kepada seluruh jamaah calon haji dapat melaksanakan seluruh rukun haji dengan baik, jaga kekompakan dan kebersamaan sebab tanpa kedua hal itu tujuan sulit tercapai," ucapnya.
     
Kadis Syariat Islam Kabupaten Bireuen Jufliwan mengatakan jamaah calon haji yang berangkat dalam kloter 4 dan 7 beberapa hari mendatang berjumlah 257 orang ditambah petugas haji 5 orang sehingga rombongan 262 orang.
     
Kali ini jamaah termuda Khairul Nisah binti Sulaiman (25) alamat Desa Matang Wakeuh, Kecamatan Samalanga, sedangkan calon haji tertua Ruhana binti Nusam (87) asal Gampong Raya Tambo, Kecamatan Peusangan.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015