Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Warga Muhammadiyah di Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan Shalat Idul Adha 1436 Hijriah, Rabu di masjid kabupaten dan kecamatan.

Pelaksanaan Shalat Ied di tingkat kabupaten yang diikuti ratusan warga itu di pusatkan di Mesjid At-Taqwa Muhammadiyah Kota Tapaktuan.

Ketua Muhammadiyah Kabupaten Aceh Selatan Irfanullah di Tapaktuan membenarkan seluruh warga Muhammadiyah di kabupaten penghasil pala itu mulai tingkat kabupaten sampai kecamatan dan desa-desa telah melaksanakan Shalat Hari Raya Kurban.

"Benar, seluruh warga Muhammadiyah di Kabupaten Aceh Selatan mulai tingkat kabupaten sampai kecamatan dan desa-desa telah melaksanakan Shalat Ied hari Rabu," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan Shalat Ied tersebut, menindaklanjuti Keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menetapkan Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah tahun 2015, jatuh pada hari Rabu.

"Kami sudah menunaikan puasa Arafah pada hari Selasa (22/9), sehingga untuk pelaksanaan Shalat Ied, kami laksanakan hari ini (Rabu)," paparnya.

Dia menyatakan, pelaksanaan Shalat Ied Idul Adha tahun 2015 ini berlangsung lancar dan sukses. Meskipun kondisi cuaca di Kabupaten Aceh Selatan Rabu pagi, diguyur hujan namun tidak menghalangi ratusan warga setempat menunaikan ibadah.

"Meskipun kondisi cuaca hujan, namun tidak menghambat pelaksanaan Shalat Ied, karena  rata-rata jamaah seluruh Aceh Selatan melaksanakan shalat dalam ruangan mesjid, bukan di lapangan," papar Irfanullah.

Hasil pantauan di lapangan, meskipun sebagian kecil  warga pengikut Muhammadiyah telah merayakan Idul Adha, namun suasana lalulintas di jalan raya baik dalam Kota Tapaktuan maupun di beberapa kecamatan, terpantau masih sepi dari lalulalang kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Hal ini menunjukkan bahwa, mayoritas atau sebagian besar warga Kabupaten Aceh Selatan, baru akan melaksanakan Shalat Ied Idul Adha tahun 2015, pada Kamis (24/9) sesuai jadwal yang ditetapkan Pemerintah Pusat.
   

Pewarta: Pewarta : Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015