Harga cabai merah di pasar Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Rp45 ribu per kilogram atau naik dari Rp25 ribu per kilogram menyusul minimnya pasokan komoditas itu ke daerah setempat.

“Permintaan di pasar meningkat sementara pasokan dari daerah penghasil terbatas,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Abdya, Nasruddin di Blangpidie, Senin.

Ia menjelaskan harga cabai di Blangpidie naik secara bertahap dari sebelumnya Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu per kilogram, Rp25 ribu per kilogram dan saat ini menempati pada angka Rp45 ribu per kilogram.

Nasruddin yang didampingi Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Abdya, Safri mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari petugas, kenaikan harga tersebut disebabkan kurangnya pasokan cabai dari luar daerah, di mana pasokan ya g ada berasal dari hasil panen petani lokal.

Zakir, salah seorang pedagang di pasar Blangpidie, mengatakan, harga cabai merah dipasar Blangpidie sangat dipengaruhi oleh ketersediaan stok.

 “Saat ini harga cabai merah mahal, ditingkat agen pengepul saja membeli pada petani mencapai Rp38 ribu per kilogram. Kemungkinan besar harganya terus naik, apalagi dalam rangka menyambut bulan puasa,” katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022