Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf membuka kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Utara tahun 2023 di Aula Kantor Bupati di Landing Kecamatan Lhoksukon, Rabu. 

Fauzi Yusuf mengatakan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Aceh Utara tahun 2023 merupakan agenda tahunan dalam menjalankan amanat peraturan Mendagri

"Tujuan dari acara konsultasi publik ini adalah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal untuk menghimpun aspirasi dan harapan mereka terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Aceh Utara tahun 2023," katanya.

Fauzi Yusuf mengatakan rancangan awal RKPD tersebut dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

"Ini merupakan tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakannya musrenbang kecamatan dan musrenbang RKPD Aceh Utara," kata Fauzi Yusuf.

Kepala Bappeda Aceh Utara M Nasir mengatakan forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran untuk bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD, serta untuk merumuskan permasalahan, sasaran, prioritas dan sasaran pembangunan daerah.

"Terdapat sejumlah permasalahan pembangunan di Aceh Utara, di antaranya tingkat kemiskinan dan pengangguran masih tinggi, indeks pembangunan manusia (IPM) masih di bawah provinsi dan nasional," kata M Nasir.

Selain itu, kata M Nasir, pandemi COVID-19 masih belum berakhir, angka prevalensi stunting masih tinggi, tingginya intensitas banjir, serta masih rendahnya produktivitas dan nilai tambah produk pertanian.

"Oleh karena itu, kami telah menetapkan sejumlah program prioritas dalam rancangan awal RKPD. Dari situ diharapkan dapat menjadi landasan operasional bagi seluruh perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja, serta menjadi acuan dalam penyusunan anggaran," kata M Nasir.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022