Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim menyebutkan pembangunan jalan aspal hotmix menempati urutan nomor pertama yang di Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) dalam kurun waktu selama dua periode kepemimpinannya.

“Setiap tahun lebih Rp30 milyar APBK kita kucurkan untuk program ini, makanya banyak jalan-jalan di pedesaan sudah hotmix. Bahkan sudah 90 persen. Jadi, sektor pembangunan ini menempati urutan pertama paling banyak menyerap APBK selama dua periode ini,”katanya di Blangpidie, Rabu.

Ia menjelaskan selain pembangunan jalan aspal hotmix, untuk sektor pembangunan 20 ribu hektare kebun kelapa sawit rakyat di kawasan Kecamatan Babahrot dan Kuala Batee juga cukup banyak menyerap APBK Abdya.

Mulai dari proses pembagian lahan, pembersihan lahan, penyaluran bibit sawit gratis, pupuk hingga pembangunan jalan produksi untuk memudahkan petani mengangkut tandan buah segar (TBS) saat panen.

“Program pembukaan kebun sawit rakyat ini saya mulai pada periode pertama saya jadi bupati, yakni, pada tahun 2007 lalu. Alhamdulillah, sekarang sudah membuahkan hasil. Produktifitas TBS kelapa sawit dari kebun rakyat Abdya itu sekarang rata-rata sudah mencapai 1.500 ton per hari,” katanya.

Disamping membuka kebun sawit rakyat, lanjut dia, pada periode kedua ini, pemkab Abdya juga menyalurkan bibit jengkol, pinang untuk lahan perkebunan rakyat yang berada di kawasan pegunungan termasuk membuka dan membangun jalan agar masyarakat mudah menjangkau kebunnya.

“Serapan terbanyak ketiga di sektor pertanian, seperti pembangunan irigasi, menyediakan alat mesin pertanian (alsintan) dan banyak kebutuhan pertanian lainnya seperti menyalurkan bibit dan pupuk. Pengeringan rawa secara berkesinambungan agar Abdya terhindari dari bencana banjir,”katanya

Selanjutnya, kata dia, serapan terbanyak keempat yakni untuk pembangunan masjid Agung Abdya yang terletak di Desa Guhang, Blangpidie. Masjid yang memiliki perpaduan gaya arsitektur Aceh-Timur Tengah itu diberi nama Baitul Ghafur dan menyerap anggaran dalam jumlah banyak untuk pembangunannya.   

“Terakhir inilah jembatan Cot Simantok. Jembatan ini yang terpanjang di Abdya.,” demikian Akmal Ibrahim

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022