Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menginstruksikan jajarannya untuk mempercepat lelang pengadaan barang/jasa sebanyak 179 paket dengan pagu anggaran  Rp137 miliar.

“Saya minta paket yang ada tahun ini untuk segera dilelang selambat-lambatnya awal Mei 2022. Ini penting untuk menjadi perhatian serius bagi setiap OPD,” katanya di sela-sela memimpin rapat bersama jajaran terkait di Pendopo Bupati, Takengon, Selasa.

Ia menjelaskan kebiasaan kemunduran waktu dalam pelaksanaan lelang akan berdampak pada waktu pelaksanaan pekerjaan, sehingga berakibat pada tersendatnya serapan anggaran," kata Shabela Abubakar.

Shabela juga meminta persiapan dan pengumuman seluruh tender oleh Pokja PBJ sudah dimulai pada bulan Maret ini dengan estimasi keseluruhan proses lelang selesai selambat-lambatnya pada awal Mei mendatang.

Pemkab Aceh Tengah merencanakan tender seleksi pekerjaan strategis untuk kegiatan pengadaan barang/jasa tahun anggaran 2022 sebanyak 179 paket dengan nilai pagu mencapai kurang lebih Rp137 miliar.

"Kami tegaskan seluruh OPD untuk patuh dengan jadwal yang disepakati, agar dalam waktu dekat dapat segera kita tender secara elektronik atau e-procurement," kata Shabela.

Bupati berharap dengan percepatan kegiatan yang dilakukan akan berdampak pada efisiensi penyerapan anggaran daerah, sehingga output pembangunan dapat terlaksana sesuai sasaran dan memiliki dampak akhir pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Karena di tengah kondisi pandemi saat ini, kita perlu penyerapan anggaran yang proporsional, agar efek pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat," demikian Shabela.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022