Langsa (ANTARA Aceh) - Anggota DPRK Langsa Syaifullah menyatakan dalam mengawal derap pembangunan dibutuhkan sinergisitas antara legislatif dan pemuda.

"Salah satu instrumen masyarakat adalah kaum muda yang kerap berperan sebagai kontrol sosial dalam laju pembangunan," ungkap Syaifullah disela acara Diskusi Publik dalam rangka peringatan hari Pahlawan yang diselenggarakan SAPMA Pemuda Pancasila bekerjasama dengan DPD KNPI Kota Langsa di Graha Pemuda Jl Jend. A Yani Langsa, Senin (9/11) sore.

Dikatakannya, lembaga legislatif memiliki tiga fungsi utama yang mendasar yakni Budgetting, Pengawasan dan Legislasi.

Terkait dengan pengawasan yang dilakukan terhadap derap pembangunan tentunya membutuhkan dukungan dan kerjasama dengan segenap komponen masyarakat.

Salah satunya, lanjut dia, pemuda melalui organisasi kepemudaan menjadi mitra andalan dalam hal melakukan pengawasan terhadap laju pemerintahan dan pembangunan daerah.

Sinergitas pemuda dan legislatif tentu sangat diharapkan. Disinilah ruang komunikasi dan penyamaan persepsi perlu di bangun.

Lembaga dewan, sambungnya, tentu sangat membuka diri terhadap jalinan kerjasama dengan semua pihak. Karena, hakikatnya DPRK adalah lembaga pemerintah yang lahir dari rakyat dan untuk kepentingan rakyat pula.

"Kita harapkan, organisasi kepemudaan bisa menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan kinerja pemerintah dan pembangunan. Sampaikan ke DPRK sehingga bersama nantinya bisa menyampaikan ke Pemerintah (Eksekutif)," jelas politisi Fraksi Partai Golkar ini .

Kiranya, kata dia, pengawasan yang dilakukan masyarakat menjadi kunci sukses pembangunan di daerah ini.

"Untuk mencapai tujuan dimaksud tentu perlu menyelaraskan pandangan dan komunikasi," tuturnya.

"DPR mendukung gerakan pengawasan terhadap pemerintahan oleh masyarakat. Kita harapkan kritik masyarakat secara santun dan membangun. Jangan kemudian menjadi huru-hara yang akhirnya memecahkan konsentrasi pemerintah sehingga menghambat laju pembangunan," papar Syaiful.

Pewarta: Pewarta : Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015