Harga cabai dan bawang merah turun di pada Meugang Ramadhan yakni dari Rp50 ribu per kilogram menjadi Rp55 ribu perkilogram dan Rp35 ribu per kg dan turun menjadi Rp30 ribu per kg. 

 

“Penurunan harga tersebut karena persediaan sangat banyak di pasaran,” kata pedagang grosir rempah di Pasar Induk Lambaro, Raysa, Aceh Besar, Jumat.

 

"Kemarin, sedikit barang dan permintaan banyak makanya naik, sekarang barangnya sudah banyak," kata pedangan grosir rempah di Pasar Induk Lambaro, Raysa. 

 

Menurut dia, persediaan cabai merah dari Aceh juga sudah mulai banyak. Bahkan, cabai-cabai tersebut juga ada yang dikirim ke Medan. 

 

Begitu juga dengan komoditas bawang merah yang persediaanya juga sudah banyak sehingga harganya turun menjadi Rp30 ribu per kg dari harga Rp35 ribu per kg. 

 

Persediaan bawang tersebut dipasok dari daerah Padang, Medan, dan Aceh. Harga yang dijual pun juga bervariasi karena perbedaan harga tebus. 

 

"Kalau dari Padang bisa dijual Rp30.000 per kg, sedangkan bawang dari Aceh bisa dijual Rp25.000-Rp27.000 kg," katanya. 

 

Sementara itu, harga komoditas tomat dari Takengon dan Berastagi juga turun menjadi Rp8.000 per kg dari harga sebelumnya Rp10.000

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022