Masjid Agung Tgk Khalilullah di Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, menjadi destinasi wisata religi andalan yang ramai dikunjungi masyarakat Simeulue selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Saya bersama keluarga sering mengunjungi masjid ini, untuk beribadah dan juga berfoto. Masjid ini sangat indah dan juga nyaman untuk membawa anak bermain khususnya dalam bulan Ramadhan ini," ucap Efendi, pengunjung Masjid Tgk Khalilullah di Simeulue, Jumat.

Masjid Tgk Khalilullah dibangun pada 2009. Masjid tersebut merupakan masjid termegah di Pulau Simeulue dengan perpaduan gaya arsitek Timur Tengah, Asia, dan juga Aceh.

Perpaduan itu bisa dilihat dari bentuk bangunan, kubah, serta motif yang tergambar di bangunan yang berada di pusat kota Simeulue itu.

Masjid terbesar di Simeulue ini kerap dikunjungi jamaah maupun wisatawan dari berbagai daerah di kabupaten kepulauan itu maupun luar daerah. Selain untuk menunaikan shalat lima waktu, juga untuk melepas lelah seraya mengabadikannya dengan berfoto.

Masjid Tgk Khalilullah mampu menampung jamaah hingga 4.000 orang. Masji ini menjadi ikon yang sangat dikagumi di kabupaten yang berada di tengah Samudra Hindia tersebut.

Rahmad, petugas masjid, mengatakan Masjid Tgk Khalilullah setiap hari ramai dikunjungi masyarakat terutama selama bulan puasa ini. Ada beribadah dan ada juga hanya sekadar melihat-lihat lingkungan masjid yang memiliki kolam berisikan ribuan ikan.

"Selama Ramadhan ini ramai pengunjung yang datang ke masjid ini, terutama pada sore hari menjelang berbuka puasa," ucap Rahmad.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022