Aspotmar Kasal Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah mengunjungi prajurit TNI AL Satgasmar Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Rondo, Kota Sabang, dalam kegiatan Safari Ramadhan Spotmar TNI AL 2022 di Aceh.

Aspotmar Kasal memberikan motivasi dan semangat kepada prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Pam Puter di Pulau Rondo.

"Saya sangat bangga dan salut kepada Satgas Pam Puter Pulau Rondo, karena dengan keterbatasan yang ada tidak menyurutkan semangat dalam bertugas menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia," katanya.

Pulau Rondo merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Andaman dan berbatasan langsung dengan wilayah negara India yaitu Kepulauan Nikobar. 

Pulau ini merupakan wilayah paling ujung bagian barat dari NKRI, secara administratif merupakan bagian dari wilayah Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Satgas Pam Puter Pulau Rondo sebanyak 34 personel dengan rincian 24 personel TNI AL dari Pasmar 1 Jakarta dan 10 Personel TNI AD dari Yonif Raider 115/Macan Leuser.

Untuk menyapa prajurit TNI AL yang bertugas menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia di Pulau Rondo, perjalanan yang dilalui cukup menantang. Harus menempuh perjalanan sekitar satu jam menggunakan kapal. 

"Kita harus berenang karena tidak tersedia fasilitas labuh dan banyak karang," katanya.

Kemudian, untuk menuju ke Pos Satgasmar Pam Puter harus melewati anak tangga yang berjumlah sekitar 328 dengan rute menanjak, yang mana hal ini akan menguras tenaga dan fisik.

Kunjungan Aspotmar Kasal ke Pulau Rondo didukung oleh KAL Iboih I-1-71 dan KRI Karotang-872, dan turut serta mendampingi yakni Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, Kafasharkan Sabang Kolonel Laut (T) Teguh Sukrisno, Paban 3 Spotmar Kolonel Mar Rommy Hutagaol, dan GM CTArsa Foundation Gatut Mukti.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022