"Pernyataan  Menteri Pertahanan  RI Prabowo Subianto itu mengingatkan saya pada Konferensi Asia Afrika di Bandung, 67 tahun silam yang sangat terkenal itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA)  Wang Wenbin. di Beijing, Senin (13/6).

Pernyataan  itu disampaikan menanggapi pidato Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto  yang disampaikan pada forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 di Singapura.

Menurutnya, dalam Konferensi  Asia Afrika (KAA)  Bandung, Provinsi Jawa Barat itu perwakilan negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin berkumpul dan menyepakati Dasa Sila Bandung yang mengacu pada lima prinsip hidup berdampingan secara damai.

"Mereka membangun semangat solidaritas, persahabatan, dan kerja sama di Bandung. Semua ini masih sangat relevan dalam mengatasi masalah hubungan internasional saat ini," ujar Wang yang juga Direktur Jenderal Pusat Pers Internasional MFA.  

Menurut dia, negara-negara di kawasan Asia harus menjaga kearifan Asia agar bisa hidup berdampingan satu sama lain, mengakomodasi semua kepentingan, saling menghormati kebijakan pembangunan masing-masing, dan terus mendukung pembangunan berkelanjutan di kawasan.

"Sebagai negara besar yang punya tanggung jawab, China akan selalu berpegang pada jalan damai. China selalu berkomitmen dan memegang prinsip-prinsip yang disepakati di Bandung dengan terus menjaga solidaritas, koordinasi, harmonisasi, dan inklusivitas di Asia," kata Wang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Beijing puji pidato Prabowo di Singapura
 

Pewarta: M. Irfan Ilmie

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022