Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 1.999 warga lanjut usia (lansia) di kabupaten kepulauan tersebut sudah divaksin dosis ketiga atau penguat.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan, di Sinabang, Kamis, mengatakan vaksinasi vaksin dosis penguat untuk lansia tersebut mencapai 24 persen dari sasaran sebanyak 5.385 orang.

"Capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga terhadap warga lanjut usai di Kabupaten Simeulue masih rendah, baru mencapai 24 persen. Kami terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi tersebut," kata Farhan.

Farhan mengatakan pihaknya bersama instansi terkait lainnya terus melakukan vaksinasi vaksin COVID-19 kepada masyarakat, termasuk kalangan lanjut usia.

"Kepada masyarakat yang belum menerima vaksin dosis ketiga agar segera mendatangi fasilitas kesehatan maupun gerai-gerai vaksinasi yang disediakan untuk melaksanakan vaksinasi," kata Farhan.

Menyangkut capaian vaksinasi vaksin COVID-19 secara keseluruhan di Kabupaten Simeulue, Farhan mengatakan untuk dosis pertama sudah mencapai 100,64 persen dari sasaran 71.537 orang. 

"Sedangkan dosis kedua sudah mencapai 85,68 persen atau 59.144 orang. Sementara, dosis ketiga sebanyak 27,48 persen atau 19.660 orang," kata Farhan.

Kendati sudah menerima vaksin dan kini ada kelonggaran, namun Farhan tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

"Protokol kesehatan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Jadi, selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan kendati sudah ada kelonggaran dari pemerintah," kata Farhan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022