Dinas Pangan Aceh mulai membantu memasarkan hasil pertanian yang dihasilkan para petani yang bercocok tanam di kawasan halal food estate (HFE) SieBreuh yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

"Untuk meningkatkan pemasaran, SieBreuhShop telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Pasarmitra Tani (program Dinas Pangan Aceh)," kata Penggagas kawasan halal food estate SieBreuh Aceh Besar Juanda Djamal, di Aceh Besar, Rabu.

Kawasan food estate Aceh Besar dikelola oleh koperasi SieBreuh Makmue Beusama dengan sistem korporasi petani. Dimana pemasarannya dilakukan melalui pembentukan SieBreuhshop.

Melancarkan pemasaran, Dinas Pangan Aceh melakukan kerjasama untuk membantu memasarkan hasil pertanian di wilayah tersebut melalui program Pasarmitra Tani yang telah dijalankan pemerintah selama ini. 

"Kerjasama ini menjadi langkah strategis atas gerakan ekonomi rakyat (GER) SieBreuh dalam menata kembali sistem produksi hulu-hilir," ujarnya.

Juanda mengatakan, fasilitas Dinas Pangan Aceh melalui Pasarmitra Tani tersebut merupakan dukungan penting untuk mempermudah kerja pemasaran serta pembiayaan.

Juanda menyampaikan, dengan kerjasama, SieBreuhShop akan menjual hasil pertanian yang diproduksikan petani kawasan halal food estate seperti sayuran, buah-buahan dan pangan melalui Pasarmitra Tani tersebut.

Juanda menjelaskan, Koperasi SieBreuh Makmue Beusama dan SieBreuhShop merupakan bagian dari sistem dan struktur kerja besar rekonstruksi sistem ekonomi Aceh pasca tsunami dan penguatan perdamaian. Karena itu penataan hulunya terus dikuatkan.

Kata Juanda, pergerakan ekonomi yang dijalankan tidak hanya di kawasan halal food estate itu saja, tetapi juga melalui beberapa komunitas pertanian di kabupaten lainnya sudah ingin menjadi bagian dari pergerakan ekonomi jangka panjang tersebut.

"Khusus kerangka kerja SieBreuhShop, kita ada dua pendekatan yaitu sistem pemasaran offline dan online," katanya.

Juanda menuturkan, khusus pemasaran offline, selain menunggu pembeli yang datang ke Pasarmitra Tani, pihaknya juga mendistribusikan ke warung atau rumah makan yang ada di seputaran Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sedangkan online, lanjut Juanda, pihaknya sedang menyiapkan platform untuk memudahkan pemesanan. Sementara ini baru bisa diakses melalui sosial media yakni Facebook, Instagram, dan Whatsapp dengan akun Siebreuhshop.

“Kita terus berbenah dan menambahkan unit-unit bisnis independen, tentunya terus membangun kemitraan dengan pemerintah dan pihak swasta, kita punya semangat kemandirian agar perilaku ekonomi bisa tumbuh dari akar rumput,” demikian Juanda Djamal.


 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022