Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur menyatakan sebanyak 53.630 warga atau 17,2 persen di daerah itu telah menjalani vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat. 

"Capaian vaksinasi vaksin dosis ketiga di Aceh Timur sudah mencapai 53.630 orang dari target 198.356 orang atau 17,2 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan, Jumat.

Sahminan mengatakan capaian vaksinasi vaksin dosis penguat di Kabupaten Aceh Timur masih rendah karena beberapa faktor. Di antaranya vaksinasi vaksin dosis penguat baru bisa dilakukan dengan jeda minimal enam bulan setelah vaksin dosis kedua.

Kemudian, tidak semua masyarakat di Kabupaten Aceh Timur dapat divaksin sesuai prosedur, seperti harus lolos pemeriksaan kesehatan, dan lainnya pada vaksinasi vaksin dosis pertama.

"Jika dilihat dari persentase jumlah penduduk yang sudah divaksin, memang belum sesuai target pemerintah. Karenanya, perlu juga dukungan semua pemangku kepentingan dalam mencapai target vaksinasi, tersebut," kata Sahminan.

Terkait capaian vaksinasi vaksin dosis pertama, Sahminan mengatakan sudah mencapai 101,5 persen atau  316.780 orang. Sedangkan dosis kedua 240.420 orang atau 77,4 persen.

Meskipun telah divaksin, Sahminan mengingatkan masyarakat Kabupaten Aceh tetap mematuhi protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 masih ada.

"Patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumunan. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19," kata Sahminan.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022