Meulaboh (ANTARA Aceh) - Komandan Kodim 0105 Aceh Barat Letkol Arm Herry RS menginggatkan insan pers untuk menjaga netralitas dalam melaksanakan tugasnya pada Pilkada serentak 2017 di Provinsi Aceh.

"Ini penting, jangan sampai rekan-rekan wartawan dimanfaatkan dan akhirnya disudutkan oleh kepentingan politik. Silahkan gunakan hak peliputan sesuai rambu-rambu dan kami TNI siap mengback-up rekan-rekan wartawan agar dapat bekerja nyaman," katanya di Meulaboh, Kamis.

Hal itu disampaikan dalam temu ramah bersama insan pers di wilayah kerja Meulaboh, selain membicarkan persoalan sosial masyarakat, ekonomi dan pembangunan, Dandim juga memberi masukan kepada wartawan agar berada pada posisi aman dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Dia menyampaikan, secara umum daerah itu sangat kondusif dari sisi keamanan memasuki momen-momen politik pilkada serentak 2017, dia berharap kondisi demikian tertap terjaga dan dipertahankan dengan kesadaran semua pihak.

Pihaknya akan senantiasa berkenan mendampingi wartawan dalam melakukan peliputan pada objek tertentu yang dianggap insan pers tidak nyaman, baik karena ada intimidasi pihak tertentu maupun dihalang-halangi mendapatkan informasi.

Dandim Herry juga menegaskan, kepada internal TNI khususnya jajaran Kodim 0105 Aceh Barat untuk tetap menjaga menjaga netralitas pada pilkada di daerah itu, apalagi sebagai prajurid TNI memiliki aturan dan sanksi tegas apabila terlibat politik.

"Kami TNI tetap netral, bila ada rekan-rekan melihat oknum TNI yang terlibat politik atau semacam yang tidak benar dilakukan, silakan diingatkan, bila tidak didengar laporkan, biar kami berikan tindakan tegas," tegasnya yang didampinggi sejumlah pejabat TNI Kodim setempat.

Lebih lanjut Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Arm Herry menambahkan, apabila saat peliputan menemukan hal-hal yang berkenaan dengan peran dan keterlibatan anggota TNI, dirinya meminta dilakukan konfirmasi sehingga dapat saling menjaga tugas.

Pada kesempatan tersebut Dandim Herry juga menjanjikan pemberian bonus kepada insan pers yang berhasil menemukan kemudian melaporkan oknum TNI terlibat dalam penyalahgunaan narkoba yang saat ini merambah anak bangsa.

Semua prajurid di jajaran Kodim 0105 Aceh Barat telah menjalani tes urine dengan hasil negatif, akan tetapi dirinya tidak dapat memastikan saat dilapangan ada kegiatan-kegiatan keterlibatan anggotanya dalam penyalahgunaan narkoba.

"Semua sudah tes urine dan hasilnya negatif, tapi dilapangan tidak tahu. Karenanya kepada rekan-rekan saya berikan bonus apabila menemukan dan melaporkan apabila ada oknum anggota yang terlibat penyalahgunaan narkoba," katanya menambahkan.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016