Langsa (ANTARA Aceh) - Ratusan karyawan PT Perkebunan Nusantara I (PTPN I) Aceh menggelar olahraga bersama berupa senam pagi di Lapangan Kebun Lama, Kota Langsa, Minggu, dalam rangka Hari Buruh se Dunia (May Day) tahun 2016.

Ketua Umum  Serikat Pekerja Perkebunan (SPBUN) PTPN I Aceh Adi Yusfan mengatakan pihaknya memiliki cara tersendiri dalam memperingati hari buruh melalui kegiatan olahraga.

"Ada doorprize juga bagi peserta dan dimulai olahraga bersama seluruh karyawan," kata Adi Yusfan.

Acara tersebut, lanjut dia, dikemas dalam kegiatan senam sehat, jalan santai, sepeda santai dan lomba lari dengan melibatkan masyarakat setempat mencapai 3.000 peserta.

Untuk hadiah, sambung Adi, disediakan satu unit sepeda, kulkas, kompor gas dan lainnya untuk menyemarakan acara.

Sementara, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Perkebunan (FSPBUN) Indonesia Hasan Basri menuturkan, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh SPBUN untuk tidak menggelar aksi unjukrasa akan tetapi melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi karyawan, perusahaan dan masyarakat.

"Kami dari FSPBUN menyurati rekan-rekan pengurus SPBUN mulai PTPN I Aceh hingga PTPN IV Makasar untuk melakukan kegaitan yang mendukung perusahaan bukan malah berunjukrasa," ujar Hasan.

Prinsipnya, kata dia, FSPBUN menyerukan agar hari buruh diperingati dengan kegiatan yang dapat meningkatkan produksi dan produktivitas perusahaan menuju kesejahteraan semua pihak.

Peringatan hari buruh di Indonesia secara nasional di pusatkan di Istana Olahraga Gelora Bung Karno (Istora GBK) Senayan Jakarta.

Ribuan massa hadir di ibukota negara guna melakukan aksi unjuk aspirasi menuntut penyesuaian upah kerja terhadap buruh, menolak praktik outsourcing dan meminta pemerintah melibatkan perwakilan buruh dalam menetukan kebijakan dan perundang-undangan terkait buruh.

Pewarta: Pewarta : Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016