Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani meresmikan lima jaringan Base Transceiver Station (BTS) 4G hasil kerjasama antara Pemkab setempat dengan PT Telkomsel.

Peresmian itu berlangsung di Dusun Nangka Rebung, Kampung Terlis, Kecamatan Terangun, Selasa, yang disaksikan Dandim 0113/ Galus Letkol Krismanto, Kadis Kominfo Said Idris Wintareza dan camat setempat.

Lima jaringan BTS yang diaktifkan itu, antara lain di Desa Tongra Persada, Tongra Sepakat, Bukut, Soyo dan Marpunge. 

“Akses pencapaian jaringan 4G itu sudah mencapai 97 persen,” kata Wabup.

Program ini sebut Wabup, merupakan target pemerintah pusat untuk membebaskan desa bebas blank spot di seluruh Indonesia.

Dikatakan Said, percepatan pembangunan BTS  merupakan salah satu tonggak penting dalam pelaksanaan percepatan transformasi digital nasional. 

Sedangkan pembangunan menara tower pada lima desa tadi, merupakan usulan masyarakat melalui camat setempat yang kemudian ditanggapi Dinas Kominfo menindak lanjuti dengan menyurati dan mengundang pihak terkait pembangunan BTS beberapa bulan lalu.

Akhirnya jelas Said, dengan upaya dan kerja keras semua pihak, tahun 2022 kelima desa di Gayo Lues itu masuk dalam hitungan target bebas blank spot dan pembangunan BTS telah terealisasi tahun ini.

Lanjut Said, kelima desa tersebut telah lama merindukan adanya fasilitas jaringan telekomunikasi guna mendukung mobilitas informasi dan telekomunikasi masyarakat.

Pewarta: Jasvira Tausita

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022