Sebanyak 445 prajurit TNI Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/Satria Musara, Kodam Iskandar Muda, menuntaskan penugasan pengamanan perbatasan di Provinsi Papua. 

Kepulangan ratusan prajurit TNI tersebut disambut Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Mohamad Hasan di Pelabuhan Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Jumat. 

"Selamat datang dan terima kasih kepada para prajurit TNI Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara TNI yang telah menjalankan tugasnya selama di bumi Papua dengan sehat dan selamat," kata Mayjen TNI Mohamad Hasan. 

Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan ratusan prajurit TNI tersebut telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan di Papua selama 13 bulan mulai dari 26 Juli 2021 hingga 19 Agustus 2022.

"Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara ini tidak hanya melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, tetapi juga bertugas memberikan pembinaan teritorial di sekitar pos tugas," kata jenderal TNI bintang dua tersebut
nya. 

Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan tugas yang telah dilaksanakan prajurit Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara di antaranya memulangkan warga Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, ke rumah mereka masing-masing. 

"Sebelumnya warga mengungsi setelah kasus penembakan 19 karyawan PT Istaka Karya oleh KKB pada Desember 2018. Mereka dipulangkan oleh prajurit Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara," kata Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Tak hanya itu, kata Mayjen TNI Mohamad Hasan, satuan tugas di Kodam Iskandar Muda itu juga memberikan bantuan perbaikan rumah, tempat ibadah, bendungan air bersih dan jalan.

"Kemudian, memberi pelayanan kesehatan dan bantuan secara langsung kepada masyarakat dengan program Gerakan Honai to Honai," kata Mayjen TNI Mohamad Hasan

Panglima Kodam Iskandar Muda itu mengharapkan para prajurit tersebut dapat menjadi contoh bagi anggota TNI lainnya bila dipercaya melaksanakan tugas serupa. 

Mayjen TNI Mohamad Hasan juga berpesan kepada seluruh prajurit yang baru kembali tersebut menjadikan pengalaman tugasnya bagian dari peningkatan kemampuan prajurit, sehingga pada tugas-tugas mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

"Sebagaimana instruksi saya kepada seluruh prajurit Kodam Iskandar Muda di mana pun berada harus menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah bagi masyarakat," kata Mayjen TNI Mohamad Hasan.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022