Kepolisian Resor (Polres) Sabang melakukan penanaman 1.000 bibit pohon produktif sebagai upaya menghijaukan pulau wisata di ujung barat Indonesia itu dalam menyelamatkan lingkungan pesisir.

Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, Selasa, mengatakan kegiatan yang diprakarsai oleh Kepolisian Daerah Aceh itu dilakukan serentak di seluruh provinsi wilayah Tanah Rencong, dengan dengan total penanam 77 ribu bibit pohon, sesuai dengan angka HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"Polres Sabang mengambil bagian dengan melaksanakan penanaman seribu bibit pohon di dua lokasi yakni pesisir pantai Sumur Tiga Gampong Ie Meulee dan Krueng Raya. Di Sumur Tiga kita tanami bibit kelapa dan pinang, khusus mangrove kita tanam di Krueng Raya," kata Muhammadun di Kota Sabang.

Muhammadun menjelaskan seribu batang tersebut terdiri dari dari 200 bibit mangrove, 200 bibit pinang, 100 bibit durian, 400 bibit kelapa dan 100 bibit mangga. 

"Bibit durian dan mangga sebagian kita tanam di tempat umum seperti di pekarangan kantor-kantor geuchik setempat dan sebagian lagi kita bagikan ke masyarakat yang benar-benar serius untuk menanam dan merawatnya," katanya.


Kapolres Sabang mengharapkan program Polda peduli penghijauan akan menumbuhkan semangat melestarikan lingkungan hidup khususnya di Kota Sabang untuk mengurangi dampak pemanasan global.

"Semoga penanaman pohon ini bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama yang jenis buah buahan, dan Kita berharap bukan hanya pandai menanam tetapi juga harus pandai merawatnya," katanya.

Sementara itu, Aneuk Jurong Bahagia Gampong Ie Meulee Sabang, Syahrul Ramadhan menyampaikan terima kasih kepada pihak Polres Sabang yang telah bergotong-royong menanam pohon, serta telah memilih gampong Ie Meulee untuk tempat penghijauan. 

"Kami berkomitmen untuk melanjutkan merawat bibit yang sudah di tanam ini. Kami juga berharap baik masyarakat dan pemerintah daerah, sama sama kita bangun pantai Sumur tiga ini sehingga nantinya menjadi spot baru yang menarik wisatawan untuk berkunjung," katanya.

Kegiatan ini disambut antusiasme masyarakat yang ikut membersihkan lokasi penanaman bibit menggunakan alat berat. Selain itu, turut melibatkan seluruh anggota Polres Sabang, Kodim 0112 Sabang, Babinsa Gampong Ie Meulee dan Ujung Kareung, Basarnas, dan BPBD.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022