Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menerima sepuluh mahasiswa dari berbagai kampung besar di Indonesia untuk magang di Disdukcapil Aceh Tengah dalam program Mahasiswa Pelopor Layanan Adminduk Kampus Merdeka Kemendikbud RI.

"Sekarang Takengon sedang musim dingin, jadi jaga kesehatan. Mudah-mudahan selama mengikuti magang tetap diberikan kesehatan hingga akhir kegiatan nanti," kata Shabela Abubakar saat bertemu para mahasiswa di pendopo setempat, Rabu.

Para mahasiswa ini disebut akan melaksanakan magang selama lima bulan ke depan di bawah arahan langsung Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah sebagai mentor lapangan.

Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal dalam hal ini mengatakan para mahasiswa tersebut nantinya akan mendapat porsi pembelajaran dan praktek langsung dalam melayani masyarakat. 

"Mereka juga akan mendapat arahan dari mentor utama yaitu Kabid Fasilitasi Pencatatan Sipil DRKA, Ikhsan," kata Mustafa Kamal.

Lanjutnya para mahasiswa nantinya juga akan dilibatkan langsung dalam penerapan berbagai inovasi layanan di Disdukcapil setempat.

Hal itu mulai dari pelayanan di kantor, pelayanan online, pelayanan jemput bola ke rumah warga, ke sekolah, hingga ke kampung-kampung.

"Kita berharap para mahasiswa nantinya dapat memahami kondisi pelayanan Adminduk hingga memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dan melayani, serta mampu memberikan masukan untuk peningkatan kualitas kerja dan pelayanan kepada masyarakat," kata Mustafa Kamal.

M

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022