Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa sineas (pembuat film) dari Sumatera sangat antusias mengikuti dan menyukseskan festival film bulanan yang dilaksanakan kementerian tersebut.

“Senang melihat teman-teman sineas Sumatera punya semangat juang dan jiwa pantang menyerah. Walaupun waktunya sebentar, mereka tetap berusaha memberikan yang terbaik,” kata Sandiaga dalam keterangannya, di Banda Aceh, Selasa.

Pendaftaran festival film bulanan lokus 3 baru saja selesai dilaksanakan dan kini sedang memasuki tahap kurasi. Para peserta yang berada di wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, dan Lampung sangat antusias terhadap festival film ini.

Tercatat, sebanyak 52 karya film yang didaftarkan, terdiri dari film pendek fiksi dan dokumenter. Tak hanya mendaftarkan film yang sudah ada, banyak peserta yang memproduksi film baru. 

Sandiaga mengaku takjub dengan semangat teman-teman sineas dari Sumatera. Karena itu dirinya juga mengimbau kepada peserta jangan berhenti belajar, berkarya dan berekspresi. 

"Karena kesempatan pasti akan datang. Sesuai dengan tagline dari festival film bulanan, karena mahakarya akan selalu menemukan jalannya," ujarnya. 

Dirinya mengingatkan, proses festival film bulanan lokus 3 belum selesai, masih ada tahapan pengumuman dua film terpilih yang akan diumumkan pada tanggal 22 Oktober 2022 mendatang.

Lalu, lanjut Sandiaga, kepada sineas yang berada di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, ia berpesan agar segera persiapkan diri karena pendaftaran untuk lokus 4 yang akan segera dibuka mulai 2 November 2022 nanti. 

"Pendaftaran lokus 4 akan menjadi pendaftaran festival film bulanan terakhir di 2022, sebelum masuk ke malam anugerah pada Desember nanti," demikian Sandiaga Uno.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022