Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya menargetkan kontingen kabupaten itu masuk peringkat lima besar pada Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIV di Kabupaten Pidie pada Desember 2022.

"Berdasarkan hasil perolehan medali pada ajang Pra PORA kemarin, kita menargetkan medali sebanyak 59 medali emas, 46 medali perak dan 24 medali perunggu  dan bisa masuk 5 Besar pada PORA Pidie tahun 2022 mendatang," kata Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin di Calang, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka pemusatan latihan daerah (Pelatda) PORA yang berlangsung di Halaman kantor Bupati Aceh Jaya.

Ia menjelaskan PORA ke XIII yang dilaksanakan di Jantho Aceh Besar tahun 2018, kontingen Aceh Jaya berhasil membawa pulang medali sebanyak 22 medali emas, 12 medali perak dan 22 medali perunggu serta berhasil menduduki peringkat ke 6 dari 23 Kabupaten Kota.

"PORA lalu kita berada di peringkat ke 6, tahun ini kita targetkan bisa berada pada peringkat ke 5 dengan upaya kerja keras para pelatih dan official serta persiapan para atlet yang matang tentunya," kata Pj Bupati.

Ia mengatakan  Pemkab Aceh Jaya mendukung penuh untuk mencapai target yang diinginkan sebagaimana harapan Masyarakat Aceh Jaya di bidang olahraga melalui penyediaan anggaran, untuk pelaksanaan Pelatda, keberangkatan PORA baik untuk atlet maupun official serta dukungan lainnya seperti transportasi.

"Intinya Pemkab Aceh Jaya secara penuh mendukung terlaksananya Pelatda dan keikutsertaan PORA yang dilaksanakan di Kabupaten Pidie akhir tahun 2022," katanya.

Pj Bupati juga menambahkan terkait pemberian bonus dari Pemkab Aceh Jaya, akan dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya yakni bonus kepada atlet-atlet yang berprestasi di PORA, medali emas sebesar Rp15 juta, perak Rp10 juta dan perunggu Rp5 juta.

"Kita berharap atlet tetap semangat, jaga fisik, psikis junjung sportifitas supaya bisa memberikan prestasi terbaiknya untuk masyarakat dan Pemkab Aceh Jaya,” katanya.

Pada PORA ke XIV tahun 2022, kontingen PORA Aceh Jaya akan memberangkatkan sebanyak 23 Cabang Olahraga (Cabor) yang terdiri dari 133 atlet dan 74 pelatih dan official Cabor.

Pewarta: Arif Hidyat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022