Suplai air bersih Perumda Air Minum Tirta Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat ke ribuan pelanggan di daerah ini dilaporkan keruh dan nyaris terhenti sehingga menyebabkan suplai air bersih ke masyarakat menjadi terganggu.

"Benar, ada gangguan teknis di bagian pompa air sehingga tidak bisa dioperasikan selama 24 jam penuh," kata Pejabat Sementara Perumda Air Bersih Tirta Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Syahrul Muazir yang dikonfirmasi ANTARA, Senin sore.

Ia mengatakan penyebab terjadinya gangguan suplai air ke ribuan pelanggan di Aceh Barat disebabkan sejumlah faktor teknis.

Diantaranya seperti adanya gangguan teknis di bagian pompa air sehingga tidak bisa dioperasionalkan selama 24 jam penuh, untuk mengalirkan air bersih kepada pelanggan, sehingga operasional mesin hanya bisa difungsikan setiap dua jam sekali setiap harinya guna mengairi air ke masyarakat.

"Kalau pompa ini kami fungsikan selama 24 jam maka kami khawatirkan pompa airnya akan meledak," kata Syahrul.

Kemudian banyaknya kebocoran pipa air di sejumlah lokasi juga menjadi penyebab keruh nya suplai air bersih kepada pelanggan.

Selain itu, kata Syahrul Muazir, penyebab keruh nya suplai air bersih ke masyarakat juga disebabkan karena banyaknya pipa air yang sudah berusia tua sehingga harus dilakukan pergantian secepatnya.

"Jadi, solusi untuk mengatasi keruh nya air bersih di Meulaboh adalah mengganti sebagian besar jaringan pipa air bersih, dan perbaikan beberapa komponen mesin di pompa air, agar airnya bisa disuplai kembali secara lancar," katanya menambahkan.

Sementara itu, sejumlah masyarakat di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mengeluh akibat produksi air yang disuplai oleh Perumda Air Bersih Tirta Meulaboh keruh dan berbau.

Akibatnya, masyarakat sebagai pelanggan tidak bisa mendapatkan suplai air bersih secara maksimal.

"Memang sudah lama kondisi air keruh kami terima dari PDAM, kami berharap masalah ini segera teratasi," keluh Mulya, warga Meulaboh.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022