Lhoksukon (ANTARA Aceh) -  Warga yang tinggal di daerah pedalaman Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, rela menaiki perahu untuk bisa menyaksikan dan ikut berbagai perayaan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Keuchik (kepala desa) Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan Jaharuddin yang dihubungi di desanya, Kamis mengatakan, puluhan warganya harus naik perahu dan menyeberangi sungai hanya demi melihat aneka perlombaan yang digelar pada perayaan HUT RI.

Warga yang bermukim di Dusun Sarah Raja, Desa Lubok Pusaka, yang terosolir dengan sungai setempat, sehingga menjadikan perahu sebagai salah satu alternatif transportasi warga.

Berbagai kegiatan perayaan HUT RI di kawasan itu dilaksanakan di Dusun Cernai dan Dusun Bidadari, seperti tarik tambang, lomba makan kerupuk dan pertandingan volly ball serta berbagai permainan lainnya dalam rangka menyemarakkan HUT RI.

Jaharuddin mengatakan, sebelumnya, ada jembatan ponton yang menghubungi Dusun Sarah Raja dengan daerah lain di desa itu.  
    
Namun jembatan ponton yang biasa mereka lewati telah rusak berat pada akhir tahun 2014, akibat dihantam banjir.

"Karena adanya berbagai perlombaan yang bertepatan pada HUT RI, puluhan warga dari Dusun Sarah Raja turun ke Dusun Bidari dan rela menaiki boat serta menyeberangi sungai hanya untuk menyaksikan acara tersebut. Ini sangat miris, semestinya pemerintah membangun jembatan baru untuk bisa terhubung kembali," harap Jaharudin.

Jaharuddin menyebutkan, tidak hanya ingin menyaksikan perayaan HUT RI saja warga Dusun Sarah Raja menaiki perahu, akan tetapi pada hari-hari biasa, anak-anak dusun itu harus menaiki perahu untuk pergi ke sekolah.

Begitu juga dengan upaya memenuhi kebutuhan hidup warga di dusun itu juga harus pergi berbelanja ke dusun lain dengan menggunakan perahu, katanya.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016