Sebanyak 29 pemuda Aceh yang mengikuti program pemagangan kerja di lima perusahaan luar Aceh telah mengakhiri tugas mereka pada akhir November 2022.

"Peserta yang direkrut untuk formasi luar Aceh berjumlah 60 orang, tersebar di Medan, Jakarta, Tangerang, Cikarang, Subang-Jawa Barat, Semarang-Jawa Tengah dan Lombok Timur," kata Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakermobduk Aceh Qifti Reza Kesuma, di Banda Aceh, Selasa.

Adapun lima perusahaan tempat magang pemuda Aceh tersebut yakni PT Gajah Tunggal dan PT Cisadane Raya Chemical Tangerang-Banten, Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, PT Sun Star Prima Motor Cikarang dan PT Sang Hyang Seri Subang-Jawa Barat.

Qifti menyampaikan, tujuan dari pemilihan perusahaan magang luar itu agar pemuda Aceh bisa melihat dimensi berbeda dari yang pernah mereka lihat selama ini di Aceh. 

“Tentunya di dunia kerja ini banyak tuntutan yang harus mereka ikuti dan terapkan, sehingga mampu memotivasi, mengembangkan diri menghadapi dunia kerja sebenarnya,” ujarnya.

Kata dia, 29 peserta magang tersebut sudah melalui tahapan seleksi calon peserta pemagangan melalui perwakilan Lembaga Pendidikan, Bursa Kerja Khusus, Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Industri, dan Dinas Pertanian sejak bulan Mei lalu.

"Jumlah pendaftar hampir 100 orang, tapi kuota yang tersedia hanya untuk 29 orang," katanya.

Pemilihan peserta pemagangan tersebut adalah para pencari kerja di Aceh yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan penempatan melalui kerja sama dengan beberapa dinas, lembaga, dan sekolah di Aceh.

Diantaranya UPTD BPSB Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Sekolah Menengah Teknik Industri Banda Aceh, Stikes Muhammadiyah Banda Aceh, SMK 6 pelayaran Lhokseumawe.

Kemudian, SMK PP Saree Aceh Besar, serta perekrutan secara umum untuk program pelatihan dan pemagangan di Kapal Pesiar pada pelaksanaan pemagangan provinsi NTB.

Qifty menyebutkan, dari 29 pemuda tersebut sudah ada yang dipinang sebagai karyawan di berbagai tempat, yaitu dua orang bidan di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, dan satu orang mekanik kendaraan ringan di PT Sun Star Prima Motor (Mitsubishi).

Selain itu, saat ini juga ada empat orang sedang menunggu seleksi karyawan di bulan Januari 2023, enam orang di PT Cisadane Raya Chemical Tangerang-Banten menunggu seleksi sebagai karyawan, dan enam di PT Gajah Tunggal diperkenankan mengikuti seleksi di perusahaan tersebut. 

Sementara itu, Sekretaris Disnakermobduk Irfansyah Siregar mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada perusahaan penyelenggara pemagangan yang telah memberikan kesempatan kepada putra-putri Aceh untuk magang kerja di perusahaannya, termasuk rumah sakit. 

“Tentunya banyak hal yang telah diperoleh, baik itu pengetahuan baru, dunia baru bagaimana beradaptasi dengan dunia kerja di luar Aceh dan tentunya juga menambah keterampilan dalam bidang kejuruan yang mereka tempati selama magang," kata Irfansyah.

Dalam kesempatan ini, Irfan juga menegaskan bahwa Pemerintah Aceh terus berupaya bekerja sama dengan perusahaan dan berkoordinasi dengan berbagai pemangku dalam rangka memperluas kesempatan kerja bagi putra-putri Aceh baik dalam maupun negeri luar negeri.

 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022