Atlet panjat tebing Aceh Musauwir berhasil lolos ke babak final Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) XVIII di Kepulauan Bangka Belitung yang digelar 18-24 Desember 2022.

Ketua Umum FPTI Pengprov Aceh Mahdi Ismail, di Banda Aceh, Jumat, mengatakan Musauwir yang berlomba pada nomor lead perorangan putra berhasil mencapai final setelah menduduki peringkat enam babak kualifikasi dan peringkat tiga pada babak semifinal. 

"Musauwir berhasil mengungguli 26 atlet panjat tebing nomor lead perorangan putra dari 25 provinsi se Indonesia," kata Mahdi Ismail.

Setelah itu, kata dia, Musauwir berlaga pada babak final nomor lead perorangan putra didampingi Muhammad Azhari sebagai manajer tim.

Mahdi mengatakan Kejurnas FPTI ke-XVIII ini memperlombakan 16 nomor sesuai pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, meliputi nomor speed world record, speed klasik, lead, boulder, dan combined.

Keikutsertaan Musauwir di kejurnas ini menjadi indikator langkah strategis FPTI Aceh dalam menyiapkan program pembinaan strategis bagi generasi berikutnya untuk persiapan PON 2024.

"FPTI hanya bisa mendukung satu orang atlet dan manajer terkait pelaksanaan karena jadwal kejurnas beradu dengan pelaksanaan PORA XIV Pidie yang baru selesai digelar," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dirinya berharap doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Aceh agar atlet tanah rencong itu bisa mencapai prestasi yang maksimal pada Kejurnas FPTI ke XVIII ini.

"Mohon doa masyarakat Aceh dan pecinta olahraga ekstrem ini agar Musauwir mendapat hasil maksimal dan meraih prestasi," kata Mahdi Ismail.
 

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022