Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Ratusan wanita dari berbgai organisasi di Kabupaten Aceh Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi kanker serviks (kanker leher rahim) sekaligus menjalani pemeriksaan (cek up pap smear) dan skrining IVA test secara gratis di Tapaktuan, Senin.
     
Ketua Bhayangkari Polres Aceh Selatan, Ny Agusni Achmadi di Tapaktuan mengatakan kegiatan sosilaisasi yang diikuti 350 peserta itu merupakan salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-64 Bhayangkari tahun 2016.
     
Selain kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Badan Pelayanan Jasa Kesehatan (BPJS), Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank Aceh Cabang Tapaktuan, kata Ny Agusni, juga mengadakan pengobatan masal secara gratis, penyantunan anak yatim dan fakir miskin serta kegiatan olah raga.
     
Ia mengharapkan dengan digelarnya kegiatan tersebut seluruh ibu Bhayangkari dan Persit serta Gabungan Organisasi Wanita lainnya di Aceh Selatan dapat memahami ancaman serangan penyakit kanker leher rahim serta bisa mendeteksi dan mencegahnya sejak dini.
     
"Ini merupakan bagian dari sikap kepedulian kita terhadap ibu-ibu istri Polri dan TNI serta ibu-ibu Dharma Wanita di Aceh Selatan terkait ancaman penyakit kanker leher rahim yang sewaktu-waktu dapat mengancam mereka," tandasnya.
     
Ny Agusni menjelaskan, kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7 persen disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim wanita. Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi.
     
"Semoga program deteksi dini melalui pemeriksaan  pap smear dan skrining IVA test yang diselenggarakan ini dapat mencegah dan apabila yang terkena kanker serviks ini dapat mengambil langkah yang telah di persiapkan oleh tim dokter," ungkapnya.
     
Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi SIK menyatakan pihaknya sangat mendukung acara yang diselenggarakan oleh Bhayangkari Cabang Aceh Selatan sebab dengan terselenggaranya kegiatan sperti ini para peserta dapat mengetahui bagai mana cara menanggulangi atau mencegah terjangkitnya kanker serviks ini. 

Pewarta: Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016