Sebanyak 4.327 calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Kabupaten Aceh Timur untuk Pemilu 2024 lulus seleksi tertulis dan mengikuti tes wawancara.

"Setelah dinyatakan lulus tes tertulis, 4.327 calon anggota PPS akan mengikuti tes wawancara," kata Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP_ Kabupaten Aceh Timur Sofyan di Aceh Timur, Kamis.

Didampingi Ketua Divisi Sumber Daya Manusia KIP Aceh Timur Yusri, Sofyan mengatakan tahapan seleksi wawancara calon anggota PPS Pemilu 2024 ini dijadwalkan berlangsung pada 19 hingga 21 Januari 2022.

Tes wawancara dengan materi diantaranya tentang pemilu, komitmen, rekam jejak. Dari hasil seleksi ini tentunya anggota PPS bisa memahami akan tugas dan fungsinya, katanya. 

"Pemilu 2024 harus ditopang oleh penyelenggara yang memiliki integritas, netralitas serta kemampuan yang berkualitas dalam menyelenggarakan pemilu sesuai dengan peraturan perundangan yang telah ditetapkan," lata Sofyan.

Bagi peserta yang lulus seleksi wawancara tersebut nantinya juga akan memerebutkan 1.539 jabatan anggota PPS bertugas di 513 desa yang tersebar pada 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur atau tiga orang setiap desa.

"Hasil seleksi calon anggota PPS akan diumumkan pada pada 22 hingga 23 Januari 2023. Sedangkan pelantikan dijadwalkan pada 24 Januari 2023," katanya.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023