Sekretaris Kabupaten (Setdakab) Aceh Barat Daya Salman Alfarisi menyatakan sektor pendidikan di daerah itu harus diperkuat untuk mencerdaskan generasi bangsa seiring semakin canggihnya teknologi di zaman global ini.

"Pendidikan salah satu aspek penting harus diperhatikan dalam membangun manusia seutuhnya agar sejalan dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 di mana pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang," katan Salman di Blangpidie, Rabu

Pernyataan itu disampaikannya di hadapan ratusan siswa-siswi MAN, SMA dan MTsN sederajat pada acara Annual Aducation and Sport Compotition (AESCO) ke-4 dalam rangka ajang cari bakat melalui berbagai perlombaan dan kreativitas.

"Kami menilai acara ini merupakan wujud dari kreativitas siswa-siswi kita dalam melakukan hal-hal yang positif demi menunjang prestasi utama di bidang pendidikan," kata Salman.

Ia berharap peserta tidak hanya sebatas mengikuti perlombaan semata, melainkan harus menggunakan kesempatan ini untuk memperbaiki ilmu, baik tata cara membaca Alquran, membaca tilawah, cerdas cermat, kesenian bidang kaligrafi, cara berpidato dan olahraga.

"Semua ini harus dipersiapkan, mulai dari tingkat dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Pemkab Abdya selalu menyokong setiap event-event bernuansa pendidikan sebagai instrument penting bagi kemajuan ke depan,"ucapnya

Sekda Abdya juga menyampaikan ucapan selamat berkompetisi di ajang Aesco ke IV dan semoga dengan adanya acara ini dapat menambah wawasan peserta, dan melahirkan peserta didik berprestasi.

Kepala MAN Abdya, Syamsulizarn mengatakan, ajang Aesco ke IV yang dilaksanakan ini bertepatan dengan hari HUT MAN Abdya ke 45.

Ratusan peserta siswa-siswi yang mengikuti Aesco ini berasal dari sejumlah sekolah dalam Kabupaten Abdya, Aceh Selatan dan Nagan Raya.

"Ada 45 sekolah yang mengikuti ajang Aesco ini. 31 sekolah tingkat MA sederajat dan 14 sekolah dari tingkat MTs sederajat di pantai barat selatan Aceh. Ajang perlombaan ini akan berlangsung hingga Sabtu depan," katanya

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023