Harga ayam potong mulai mengalami penurunan di pasar tradisional Idi, Kabupaten Aceh Timur, setelah sebelumnya sempat melonjak karena tingginya permintaan.

Mubin, pedagang ayam, di Aceh Timur, Jumat, mengatakan, harga ayam potong saat ini Rp21 ribu per kilogram dari sebelumnya berkisar Rp26 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram.

"Saat ini masih bertahan Rp21 ribu per kilogram, mungkin dua minggu ke depan harga ayam kembali melonjak karena menjelang tradisi meugang menyambut Ramadhan 1444 H," kata Mubin.

Dia mengatakan tingginya harga ayam potong beberapa waktu lalu juga karena tingginya permintaan, sedangkan pasokan menipis.

"Kebutuhan daging ayam di Aceh Timur, selain untuk kebutuhan rumah tangga, juga untuk usaha kuliner dan rumah makan," kata Mubin menyebutkan.

Sedangkan harga beras di Pasar Idi Cut, Kabupaten Aceh Timur, mengalami kenaikan dari Rp145 ribu menjadi Rp200 ribu per sak. Begitu juga minyak goreng, dari Rp13 ribu menjadi Rp16 ribu per kilogram.

Harga gula kini Rp15 ribu dari sebelumnya Rp13 ribu per kilogram. Kenaikan harga beras, gula dan telur terjadi sudah sebulan terakhir,” kata Nur, pedagang di Pasar Idi, Kabupaten Aceh Timur.

"Untuk harga jenis sembako lainnya masih pada kisaran normal. Sedangkan harga sayur seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, tomat, dan lainnya, naik sedikit dari hari-hari sebelumnya," kata Nur.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023