Sabang (ANTARA Aceh) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyatakan, memberantas korupsi di Indonesia membutuhkan kerja keras dan integritas.

"Integritas keimananlah yang mampu mencegah dan memberantas korupsi," katanya pada kegiatan Anti-Corruption Youth Camp ke-3 di Gapang Resort, Sabang, Rabu.

Kegiatan Anti-Corruption Youth Camp yang difasilitasi KPK tersebut diikuti 67 pemuda yang berasal dari 42 komunitas dan organisasi kepemudaan di 17 kabupaten/kota di Indonesia dengan mengusung tema "Energi Muda Desa Untuk Negeri".

Ia berharap, para pemuda yang mengikiti kegiatan yang berlangsung hingga 28 Oktober mendatang ini mampu mewarnai bangsa Indonesia yang lebih beradap dimasa yang akan datang.

"Melawan korupsi itu sangat komplit dan di sini dibutuhkan integritas keimanan dan kehadiran adik-adik harus mampu mewarnai bangsa Indonesia yang lebih beradap," harapnya.

Saut juga mengatakan, kegiatan Anti-Corruption Youth Camp diharapkan ada lanjutan dari pihak media dan saling menguatkan satu sama lain untuk melakukan pemberantasan korupsi.

"Korupsi di Indonesia itu naik turun dan banyak cara bisa dilakukan untuk memberantas korupsi, diantaranya melalui atraksi seni maupun musik," katanya lagi.

Untuk memberantas korupsi yang sudah membudaya, kata dia, tidak boleh dilakukan sepotong-potong dan pemberantasan korupsi harus dilakukan secara kontinuitas.

"Kita berharap pemerintah daerah tidak bosan dengan kehadiran KPK dan KPK digaji oleh negara untuk memberantas korupsi," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Saut juga menyebutkan, Indonesia sudah melakukan pemberantasan korupsi sejak tahun 1971 dan kembali diperkuat oleh Undang-undang Nomor 3 tahun 1999 tentang Pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Tugas KPK dalam undang-undang selain menangkap juga melakukan monitoring, supervisi, pencegahan, penindakan, dan koordinasi. Jadi untuk melakukan pencegahan korupsi di Indonesia dibutuhkan kontinuitas dan integritas keimananlah yang mampu mencegah korupsi," tuturnya.

Kehadiran KPK yang intens serta fokus pada pemeberantasan korupsi, kata Saut seperti shalat lima waktu yang terus dikerjakan untuk memperkuat keimanan dan kehadarian KPK akan terus melakukan pencegahan korupsi di Indonesia.

"Kita digaji oleh negara untuk melakukan pemberantasan korupsi dan kita akan terus melakukan pencegahan secara kontinuitas dengan harapan ke depan kita bisa seperti Malaysia dan Singapura dalam pencegahan korupsi," katanya.

Kegiatan yang berlangsung di Gapang Resort juga turut dihadiri Kepala Inspektorat Aceh Drs Abdul Kari, Wali Kota Sabang H Zulkifli H Adam dan Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal.

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016