Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Salah seorang nelayan yang tenggelam beberapa hari lalu di sekitar perairan Lhokseumawe, telah ditemukan oleh nelayan setempat dan dievakuasi oleh Pos TNI AL  Pusong dan Tim SAR setempat, Selasa.

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Nasruddin, melalui Komandan Pos TNI AL Pusong Peltu Yance, kepada wartawan mengatakan, pada pukul 07.00 WIB bahwa pihaknya menerima informasi dari KM.Silaturami tentang adanya mayat yang terapung di laut.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Pos TNI AL Pusong bersama dengan Basarnas Aceh Utara bergerak menuju lokasi dimaksud. Serta pada pukul 08.30 Wib, langsung melakukan evakuasi terhadap jenazah dan membawanya ke dermaga PPI Pusong.  
   
"Tiba di dermaga PPI Pusong, korban langsung dibawa ke rumah duka di desa Blang Cut, kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe," ucap Peltu Yance.

Lanjut dia, sedangkan data korban adalah, bernama Abd Thaleb dengan usia 35 tahun, warga Blang Cut, dan merupakan anak buah kapal nelayan Pusong KM.Langkah Baroe. Korban jatuh dilaut pada 30 Oktober lalu, sekitar pukul 00.10 WIB dengan titik kordinat N:05°-12-790 dan E: 097°-13-545, terang Dan Pos AL Pusong.

Dari beberapa keterangan yang dihimpun, korban sedang melakukan aktivitas melaut dengan menaiki perahu kecil yang diikatkan pada perahu besar.   
    
Kejadiannya, tali penghubung kedua boat itu terputus, hingga mengenai tubuh korban dan jatuh ke laut, apalagi perahunya juga ikut terbalik. Rekan-rekan korban juga berusaha menolongnya, akan tetapi tidak membuahkan hasil dan jenazahnya baru ditemukan pada Selasa pagi.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016