Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh Barat Daya (Abdya) mengatakan akan menyiapkan tenaga pemasaran guna mengoptimalkan penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di daerah tersebut. 

“Tenaga pemasaran sangat dibutuhkan oleh semua pelaku usaha di Abdya untuk memasarkan aneka ragam makanan ringan produk Ibu Rumah Tangga (IRT),” kata pengurus Kadin Abdya Elizar Lizam di Blangpidie, Sabtu.

Ia menjelaskan tenaga pemasaran tersebut akan ikut memetakan produk yang ada yang nantinya akan diupayakan di pasarkan dalam wilayah Abdya khususnya dan di luar daerah.

“Kita bertekad agar produk UMKM dan produk milik usaha rumahan dapat dijumpai di toko ritail moderen dan pasar,” katanya.

Terkait untuk pembiayaan dalam mendukung sektor UMKM, maka pihaknya akan meminta perbankan dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara maksimal.

“Artinya pembiayaan yang KUR sangat dibutuhkan oleh para UMKM guna meningkatkan atau mengembangkan usahanya,” katanya.

Menurut dia di setiap etalase toko banyak makanan ringan berasal dari luar daerah padahal produk dari UMKM dan usaha rumahan di daerah itu tidak kalah enak dan menarik.

Mantan pimpinan DPRK Abdya itu juga mengajak semua pemangku kebijakan untuk memberikan perhatian khususnya ketersediaan modal dan pemasaran guna keberlanjutan UMKM da meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023