Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur mengerahkan tim untuk menangani belasan rumah yang rusak diterjang puting beliung di sejumlah tempat di kabupaten tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Minggu, mengatakan bencana puting beliung tersebut terjadi di dua kecamatan sekitar pukul 00.30 WIB pada Sabtu (4/3).

"Kami juga berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk penanganan lebih lanjut. Termasuk menyangkut penyaluran bantuan masa panik," kata Ashadi.

Sebelumnya, kta Ashadi sebanyak 15 rumah di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Timur rusak angin puting beliung.

Rumah rusak diterjang angin tersebut terdapat di Kecamatan Pereulak Desa Matang Peulawi sebanyak empat rumah yang dihuni 11 keluarga, di Desa Seumatang Muda sebanyak tiga rumah.

Kemudian di Kuala Bugak rumah, Buket Pala satu rumah, dan Kuala Leuge satu rumah. Lalu, di Kecamatan Birem Bayeun, Paya Tampah tiga rumah. 

Sebanyak tiga unit rumah lainnya juga dilaporkan rusak berat di Kecamatan Peureulak Timur. Ketiganya rusak setelah pohon di sekitar rumah tumbang akibat dihantam angin puting beliung.

Tiga rumah tersebut milik Fuadi warga Desa Seuneubok Jalan, Kamaruddin warga Desa seuneubok Jalan, dan M. Yakop warga Desa Babah Krueng. Kejadian tersebut terjadi, Minggu (5/3) dini hari.

Ashadi mengatakan tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. Namun penghuni harus mengungsi sementara ke rumah kerabatnya. Kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah.

Pihaknya mengaku juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk penanganan lebih lanjut. Termasuk menyangkut penyaluran bantuan masa panik.

“Kita juga terus memantau wilayah rawan bencana alam. Kami juga berharap masyarakat tetap waspada sesuai dengan peringatan dan prakiraan dini yang dikeluarkan BMKG,” kata Ashadi.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023