Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar membuka kran selebar-lebarnya kepada para tenaga pendidik atau guru yang ingin mengabdi ke daerah pedalaman dan terluar di kabupaten setempat. 

"Saya sudah membuka kran kepada guru-guru yang ingin mengabdi di Aceh Besar, langsung saya terima," kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Aceh Besar, Selasa. 

Namun, kata dia, kran tersebut hanya dibuka untuk mengabdi di empat wilayah saja yang dinilai masih perlu peningkatan dan pengembangan pendidikan. 

Empat kecamatan tersebut yakni Lhoong, Mesjid Raya, Lembah Seulawah, dan terakhir untuk dunia pendidikan di daerah terluar yakni Kecamatan Pulo Aceh (wilayah kepulauan). 

"Ada beberapa yang sudah langsung saya acc dan proses untuk perpindahan. Nah, itu salah satu upaya terkecil saya memperkuat pendidikan di empat kecamatan tadi," ujarnya.

Selain itu, Iswanto juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan mapping kembali terkait kebutuhan guru-guru di seluruh sekolah Aceh Besar guna dilakukan penyegaran.

Kemungkinan, kata dia, dalam waktu yang tidak terlalu lama segera dilakukan rotasi, terutama untuk wilayah yang membutuhkan peningkatan pendidikan. 

"Hari ini saya sedang melakukan itu untuk mapping kemudian kebutuhan guru semua di seluruh Aceh Besar," demikian Iswanto. 

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023