Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Aceh melakukan donor darah setelah Ramadhan dan libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dalam upaya memenuhi kebutuhan darah di daerah tersebut.

"Alhamdulillah, para ASN antusias donor darah guna membantu kebutuhan darah bagi mereka yang sedang dirawat di rumah sakit,” kata Asisten Administrasi Umum Setda Aceh Iskandar AP di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan kegiatan donor darah rutin yang telah digagas pemerintah daerah tersebut diawali ASN yang berdinas di Sekretariat Daerah atau Kantor Gubernur Aceh yang berlangsung selama dua hari.

"Kegiatan tersebut tidak hanya diikuti para staf, tetapi juga para pejabat struktural di lingkungan Setda Aceh," katanya.

Iskandar berharap ASN Pemerintah Provinsi Aceh dapat selalu bermanfaat bagi masyarakat yakni tidak saja menjalankan tugas pelayanan sebagai aparatur, namun juga harus memberikan manfaat yang lebih.

"Darah yang didonorkan para ASN ini tentu bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama mereka yang menjalani perawatan di rumah sakit, " kata Iskandar.

Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh M Gade menyebutkan selama dua hari kegiatan donor darah digelar di Kantor Gubernur berhasil mengumpulkan sebanyak 119 kantong darah.

Menurut dia, jumlah darah yang terkumpul sepanjang Januari sampai awal Mei 2023 sebanyak 2.737 kantong menyusul bertambahnya darah yang dikumpulkan pada kegiatan di lingkungan Setda Aceh.

"Jika dihitung dari pertama digelar pada 2020, maka jumlah darah yang telah didonorkan ASN Pemerintah Provinsi Aceh sekitar 36 ribu lebih,” kata Gade.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023