Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menjalankan skema fasilitas kredit bagi pengusaha SPBU di Aceh yang melakukan pemesanan BBM dan elpiji, sebagai antisipasi dari gangguan layanan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang masih dalam perawatan sistem.

“Fasilitas tersebut bertujuan agar pelayanan energi kepada masyarakat tetap terjaga. Pertamina berkomitmen menyalurkan energi kepada masyarakat dan transaksi perbankan yang berkaitan dengan penyaluran energi telah didiskusikan dengan pihak BSI," kata Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan, fasilitas kredit ini telah diberikan kepada pengusaha SPBU di Provinsi Aceh sejak Senin (8/5). Fasilitas kredit bagi SPBU ini adalah fasilitas pemesanan BBM dari SPBU ke Pertamina Patra Niaga dengan masa pembayaran terjadwal.

Baca juga: Pengusaha SPBU di Aceh gagal tebus minyak ke Pertamina imbas BSI eror

Pihaknya menyebutkan pada Senin (8/5) sudah ada 183 transaksi yang difasilitasi kredit oleh Pertamina Patra Niaga dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Tanah Rencong khususnya terhadap ketersediaan bahan bakar minyak dan elpiji.

“Semoga maintenance yang dilakukan BSI dapat segera selesai sehingga proses perbankan dapat berjalan normal kembali. Jadi pada masa ini yang terpenting adalah penyaluran BBM dan LPG ke Lembaga Penyalur Pertamina tetap terjaga, sedangkan untuk pembayaran dilakukan setelah perawatan sistem perbankan BSI selesai dilakukan," katanya.

Satria menambahkan kondisi SPBU di wilayah Aceh normal dan tidak terjadi antrean kendaraan dan pihaknya juga tetap menjamin ketersediaan BBM bagi masyarakat.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak melakukan panic buying karena ketersediaan stok BBM dan elpiji aman.

"Alhamdulillah, saat ini stok BBM dan elpiji tetap terjaga dalam keadaan yang aman. Pertamina tetap menyalurkan energi kepada masyarakat di wilayah Aceh. Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dan layanan dari Pertamina, dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135," katanya.

Baca juga: BSI pastikan layanan ATM di seluruh Aceh berfungsi, begini penjelasannya

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023