Kementerian Agama (Kemenag) RI memberi pelayanan optimal bagi seluruh jamaah calon haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2023, terutama jamaah dari kelompok lanjut usia (Lansia).

Inspektur Jenderal Kemenag RI Faisal Ali Hasyim di Banda Aceh, Selasa, mengatakan tahun ini Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memang memberikan prioritas untuk lansia sehingga dari total 203 ribu kuota haji reguler Indonesia, sekitar 10 ribu orang di antaranya lansia.

“Beberapa persiapan sudah kita persiapkan, disamping kita merekrut khusus petugas lansia. Nanti kita harapkan petugas ini akan membantu memberikan pendampingan sepenuhnya kepada lansia,” kata Faisal.

Baca juga: 393 calon haji kloter pertama Embarkasi Aceh mulai masuk asrama

Apalagi, ia mengatakan tahun lalu banyak lansia yang gagal berangkat ke Tanah Suci karena kebijakan pembatasan usia jamaah haji dari Pemerintah Arab Saudi, sehingga pemerintah memberi prioritas kepada lansia pada musim haji tahun ini.

Menurut dia, petugas sudah mulai memberi pendampingan khusus kepada jamaah lansia sejak dari asrama haji, saat penerbangan, selama ibadah di tanah suci hingga nantinya kembali lagi ke tanah air.

“Karena mengingat tahun lalu jamaah lansia tertunda berangkat, sehingga (tahun ini) banyak, dan juga dari segi umur juga makanya kita beri prioritas,” ujarnya.

Di sisi lain, Faisal menambahkan, seluruh embarkasi haji di Indonesia sudah mulai melakukan proses penerimaan jamaah calon haji. 

Diharapkan, keberangkatan jamaah dalam kloter pertama bisa berjalan sesuai dengan rencana yakni pada Rabu (24/5) sekitar pukul 00.00 WIB, yang dimulai Embarkasi Jakarta.

“Aceh akan menyusul berikutnya (keberangkatan kloter pertama) pukul 07.45 WIB, jadi semuanya mendarat di Madinah, untuk besok,” ujarnya.

Itjen Kemenag juga berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa berjalan dengan baik, mulai dari proses embarkasi hingga debarkasi.

Baca juga: Pj Bupati minta JCH doakan kesejahteraan Aceh Besar

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023