Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Barat, Tgk H Cut Usman mengatakan kerukunan umat beragama di kabupaten setempat selama ini berjalan sangat baik dan harmonis.

“Alhamdulillah selama ini kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Aceh Barat sudah berjalan baik, ini sangat kita apresiasi dan kita syukuri,” kata Tgk H Cut Usman kepada wartawan di Meulaboh, Selasa.

Ia mengatakan, terwujudnya sikap toleransi sesama umat beragama di Kabupaten Aceh Barat tersebut, tidak terlepas dari peran serta Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, TNI, Polri, Kemenag Aceh Barat, Kejaksaan, Pengadilan dan seluruh komponen masyarakat di daerah ini.

Baca juga: FKUB Aceh Barat sosialisasi kerukunan umat beragama bagi siswa SMA

Selain itu, kerukunan ini terwujud setelah FKUB Aceh Barat intens melakukan komunikasi dengan tokoh dan masing-masing pemeluk agama, untuk membuka ruang komunikasi dan silaturahmi yang baik.

Tgk H Cut Usman mengatakan, selama ini pemeluk agama minoritas di Kabupaten Aceh Barat dapat melaksanakan ibadah secara aman, nyaman dan tenteram.

“Alhamdulillah, masyarakat minoritas di Aceh Barat melaksanakan ibadahnya secara lancar, tidak ada gangguan apa pun,” katanya menambahkan.

Menurutnya, masyarakat non muslim yang melaksanakan ibadah selama ini juga mendapatkan pengawalan dari petugas keamanan seperti petugas Hansip, TNI dan Polri.

Dalam pergaulan sehari-hari, kata Cut Usman, masyarakat umat beragama di Kabupaten Aceh Barat juga bergaul dengan baik, termasuk dalam kegiatan daerah, kegiatan adat, serta berbagai kegiatan keseharian lainnya.

“Termasuk dalam kegiatan hari besar, toleransi umat beragama di Aceh Barat sangat baik sekali. Semua bisa beribadah secara aman dan nyaman,” tuturnya.

Baca juga: FKUB Aceh desak kepolisian usut pembakaran balai pengajian

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023