Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Provinsi Aceh, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah menggelar pasar murah kebutuhan pokok guna menekan inflasi menjelang Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Simeulue Novikar Setiadi di Simeulue, Jumat, mengatakan pasar murah digelar di empat kecamatan dari sepuluh kecamatan di kabupaten kepulauan tersebut.

"Tujuan pasar murah ini, selain untuk menekan inflasi menjelang Idul Adha atau hari raya kurban, juga untuk membantu meringankan beban masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah," katanya.

Ia mengatakan pasar murah kebutuhan pokok digelar berapa tahap. Tahap pertama, pasar murah digelar di empat kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten, yakni Kecamatan Teupah Selatan, Kecamatan Pasar Murah, Kecamatan Teupah Barat, dan Kecamatan Teupah Tengah. 

"Tahap berikutnya digelar di kecamatan lainnya yang dekat dengan Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue. Pasar murah berlangsung hingga beberapa hari ke depan," kata Novikar Setiadi.

Novikar Setiadi mengatakan masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok di pasar murah tersebut. Beberapa kebutuhan pokok yang dijual murah yakni beras, minyak makan, telur, dan lainnya.

Sedangkan harga jual barang kebutuhan pokok di pasar murah tersebut dijual lebih rendah dari harga pasar. Seperti beras, dijual Rp80 ribu per 10 kilogram, dan minyak goreng Rp15 ribu per satu liter.

"Harga kebutuhan pokok di pasar murah tersebut dijual di bawah harga pasar karena mendapat subsidi pemerintah daerah. Pasar murah ini untuk meringankan perekonomian masyarakat serta menjaga stabilitas harga pangan dan kebutuhan pokok lainnya," kata Novikar Setiadi.

"Pasar murah merupakan operasi untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok serta membantu meringankan beban ekonomi masyarakat Kabupaten Simeulue," ucap Novikar Setiadi.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesejahteraan Kecamatan Teupah Selatan Zaili mengatakan masyarakat antusias berbelanja kebutuhan pokok di pasar murah yang digelar pemerintah daerah tersebut

"Masyarakat Teupah Selatan memadati pasar murah tersebut. Kehadiran pasar murah tersebut cukup membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," ujar Zaili.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023