Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menetapkan sebanyak 169.146 orang di Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah itu untuk pesta demokrasi Pemilu 2024.

“Jumlah DPT kita yang kita tetapkan rapat pleno hari ini sebanyak 169.146 orang,” kata Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady di Banda Aceh, Rabu.

Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka, dengan menghadirkan seluruh perwakilan partai politik peserta Pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), TNI/Polri serta perwakilan Forkopimda Banda Aceh.

Baca juga: DPT Banda Aceh bertambah 12 ribu orang

Ia menjelaskan, DPT Banda Aceh untuk Pemilu 2024 sebanyak 169.146 orang, di antaranya dengan jumlah pemilih laki-laki 81.205 orang dan 87.941 orang perempuan, dengan jumlah TPS sebanyak 618 titik tersebar di 90 desa di ibukota Banda Aceh.

Kata Indra, jumlah DPT yang ditetapkan tersebut lebih sedikit dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebanyak 169.610 orang. Pengurangan ini karena adanya warga yang meninggal dunia, pindah tempat tinggal dan lainnya.


 

Selain itu, lanjut dia, DPT yang ditetapkan tersebut juga terdapat perbedaan dari hasil pleno di tingkat kecamatan yang dilakukan dalam dua pekan terakhir. Hal itu terjadi karena adanya data ganda dari daftar pemilih.

“Kita sudah menggunakan aplikasi, maka kegandaan ini dimana pun daerah di Indonesia maka akan ditemukan. Persoalan adanya kegandaan-kegandaan ini sudah diselesaikan," ujarnya.

KIP Banda Aceh juga mencatat adanya 601 orang pemilih baru dalam Pemilu mendatang. Katanya, masyarakat juga bisa mengakses data diri sendiri secara langsung melalui daring, cukup dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka langsung tahu terdaftar di daerah mana.

“Hari ini yang masih 16 tahun dan diperkirakan akan 17 tahun sebelum 14 Februari 2024 maka juga sudah terdaftar di DPT, bisa dicek secara online,” ujarnya.

Baca juga: KIP: Verifikasi persyaratan bacaleg DPRK Banda Aceh sudah 80 persen

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023