Sejumlah rumah toko (ruko) di jalan nasional Blangpidie-Susoh tepatnya di Desa Geulumpang Payong Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terbakar, Selasa sore.
 
Masyarakat yang melintas di jalan nasional tersebut sempat panik. Polisi terpaksa menutup akses jalan ini pasca tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Becana (BPBK) melakukan pemadaman.
 
Amatan wartawan terlihat ratusan warga memenuhi badan jalan. Mobil damkar terus berdatangan untuk memadamkan api. 


Baca juga: SPBU Babahrot di Abdya terbakar, begini kronologinya
 
Warga bersama tim pemadam terlihat bahu membahu berusaha memadamkan api agar tidak menyebar lebih luas terlebih rumah dilokasi tersebut sangat berdempetan.
 
Tim pemadam kebakaran tidak sendiri dalam upaya pemadaman api yang membakar sejumlah ruko dan rumah semi permanen di desa itu. 
 
 
Warga amat antusias membatu tim pemadam dalam upaya pemadaman, bahkan sampai rela menaiki rumah, berbasahan dan sesekali menghirup asap pekat dari rumah yang terbakar.
 
Meski banyak yang datang hanya untuk melihat kobaran api, namun tidak sedikit juga yang ikut membantu memegang dan mengarahkan selang air dari mobil pemadam untuk diarahkan ke pusat api.
 
Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha turut serta terjun langsung ke lokasi kejadian ikut membantu memadamkan api bersama warga dan petugas BPBK daerah itu. 
 
Hingga pukul 18:53 WIB, api tidak terlihat berkobar lagi dan hanya terlihat asap putih yang keluar dari sisa-sisa kontruksi bangunan yang terbakar. 
 
Tim pemadam dan warga terus berupaya keras melakukan pemadaman, terlebih ada rumah yang berada satu dinding dengan rumah yang terbakar ini.
 
Selain itu tim BPBK dan warga berupaya keras memutus jalur api agar tidak terus menyebar ke rumah pendududuk di deretan tersebut. 
 
Hingga berita ini disiarkan wartawan masih menunggu data akurat dari pihak BPBK terkait imbas atas musibah ini baik jumlah rumah maupun tafsiran kerugian yang dialami warga atas peristiwa itu.

Baca juga: Pertamina investigasi kebakaran SPBU di Abdya

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023