Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menyatakan siap menyukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma di Aceh Selatan, Selasa, mengatakan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tersebut digagas Kementerian Dalam Negeri dan dilaksanakan secara nasional.

"Pemkab Aceh Selatan siap menyukseskan gerakan 10 juta bendera merah putih. Untuk menyukseskan gerakan ini, kami membagikan bendera merah putih masyarakat Aceh Selatan," katanya.

Cut Syazalisma mengatakan bendera merah putih merupakan perwujudan dari nasionalisme yang berakar dari persatuan dan kesatuan bangsa. Bendera merah putih juga merangkum nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme dari rakyat Indonesia.

Oleh karena itu, gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tersebut dapat menjadi momentum meningkatkan patriotisme dan nasionalisme masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan mengibarkan bendera merah putih di bulan kemerdekaan ini. Pengibaran ini wujud nasionalisme kepada bangsa dan negara," kata Cut Syazalisma.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Aceh Selatan Safril mengatakan pihaknya siap menyukseskan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.

"Pembagian bendera merah putih tersebut merupakan tindak lanjut surat Menteri Dalam Negeri dan surat Gubernur Aceh tentang gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih," katanya.

Menurut Safril, pembagian bendera merah putih tersebut untuk menumbuhkan semangat patriotisme cinta tanah air sekaligus dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Pembagian bendera merah putih ini juga sumbangsih organisasi pemerintah daerah, instansi vertikal, perusahaan, perbankan, organisasi kemasyarakatan, dan lainnya di Kabupaten Aceh Selatan," kata Safril.

Baca juga: Banda Aceh canangkan gerakan 10 juta bendera sambut HUT ke 78 RI

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023