Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh melaksanakan 3.588 kali patroli dalam Operasi Karhutla Seulawah 2023 yang berlangsung selama 20 hari di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Kepala Biro Operasi Polda Aceh Kombes Pol Heri Heriyandi di Banda Aceh, Kamis, mengatakan Operasi Karhutla Seulawah 2023 dengan sasaran pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Operasi Karhutla Seulawah berlangsung selama 20 hari, sejak 28 Juli hingga 16 Agustus 2023. Selama operasi berlangsung, Polda Aceh dan jajaran sudah melaksanakan 3.588 kali patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan," kata Heri Heriyandi.

Baca juga: Polda Aceh gencarkan operasi pencegahan jelang berakhirnya operasi karhutla

Heri Heriyandi yang juga Kepala Perencanaan Pengendalian Operasi Daerah (Karendalops) Operasi Karhutla Seulawah 2023 mengatakan selain patroli, pelaksanaan Operasi Karhutla Seulawah 2023 juga dengan penyampaian imbauan, sosialisasi, dan pemasangan spanduk pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk pelaksanaan operasi bersifat imbauan, Polda Aceh dan jajaran melakukan sebanyak 857 kali, sosialisasi sebanyak 254 kali, dan pemasangan spanduk sebanyak 223 kali.

"Penekanan operasi lebih kepada pencegahan seperti mengedukasi masyarakat terhadap bahaya karhutla serta mengajak masyarakat berpartisipasi mencegah kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Perwira menengah Polda Aceh itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Karhutla Seulawah 2023 yang telah bekerja keras mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Aceh.

"Provinsi Aceh merupakan paru-paru dunia. Untuk itu, kawasan hutan di Aceh perlu dilindungi dari kebakaran maupun praktik merusak lainnya. Kami berharap operasi karhutla ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Heri Heriyandi.

Baca juga: Polda Aceh tingkatkan patroli selama Operasi Karhutla Seulawah

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023