Ribuan warga menyaksikan seni rapai tob daboh atau dikenal debus dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 2023.

Kesenian rapai tob daboh tersebut digelar di Lapangan Bola Idi Cut, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Jumat malam. Bukan hanya menyaksikan, tetapi terlihat warga juga mengabadikan gambar pertunjukan ini melalui telepon selulernya.

"Sudah lama tidak melihat kesenian bela diri ini, makanya harus diabadikan, karena pertunjukan ini mainnya dengan alat–alat senjata tajam seperti rencong, pisau, pisau silet, pedang, dan benda tajam lainnya," kata Sibran, penonton rapai tob daboh

Camat Darul Aman Azani mengatakan, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk hiburan kepada masyarakat dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI Tahun 2023.

"Bukan hanya rapai tob daboh, tetapi ada juga ada tari seudati. Tujuan digelar untuk melestarikan budaya bangsa kita sendiri, apalagi tarian seudati dan tob daboh ini mulai langka ditampilkan," kata Azani.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023