Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur mendukung perbaikan infrastruktur jalan untuk menjadikan Lokop di Kecamatan Serbajadi sebagai destinasi wisata baru guna menarik kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril di Aceh Timur, Senin, mengatakan destinasi wisata Lokop tersebut kini sedang viral di media sosial dan ramai dikunjungi wisatawan lokal.

"Lokop saat ini menjadi magnet pariwisata di Kabupaten Aceh Timur. Setiap pekannya ratusan wisatawan memadati sejumlah destinasi pariwisata di wilayah tersebut," katanya.

Lokop berada di pedalaman Kabupaten Aceh Timur. Sejumlah destinasi pariwisata di daerah itu meliputi pemandian sungai Titi Gantung, pemandian air panas, Air Terjun Terujal, dan arung jeram di Desa Jereng.

"Lokop memiliki potensi pariwisata alam yang menjanjikan. Apalagi sekarang ini, infrastruktur jalan ke Lokop sudah baik, seiring selesainya pembangunan jalan lintas Peureulak ke Kabupaten Gayo Lues," kata Syahril.

Menurut Syahril, selesai pembangunan jalan lintas ke Kabupaten Gayo Lues tersebut membuat jarak tempuh ke Lokop hanya dua setengah jam. Sebelumnya, jarak tempuh ke pedalaman tersebut sekitar lima jam.

Syahril mengakui saat ini fasilitas pendukung di destinasi pariwisata Lokop belum memadai. Oleh karena itu, dibutuhkan anggaran untuk pengembangan fasilitas pendukung tersebut.

"Kami juga mengupayakan anggaran dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat untuk mengembangkan pariwisata di Lokop maupun tempat lainnya di Kabupaten Aceh Timur," kata Syahril.

Saat ini, Syahril mengatakan pihaknya sedang menyusun regulasi pengelolaan dan penyelenggaraan pariwisata serta rencana induk pengelolaan dan penyelenggaraan pariwisata berkelanjutan.

"Pengembangan sektor pariwisata ini untuk mengoptimalkan potensi yang ada dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Aceh Timur," kata Syahril.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023