Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Darussalam Banda Aceh menjalin kerja sama dengan PT Solusi Bangun Andalas (SBA) dalam bidang penguatan kapasitas sumber daya manusia khususnya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Langkah penting ini akan menghasilkan peningkatan dalam kualitas pendidikan dan sumber daya manusia,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Prof H Mujiburrahman di sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kedua pihak di Pabrik Lhoknga, Aceh Besar, Senin.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh General Manager SBA, Mochamad Anwar Bakti mewakili Presiden Direktur SBA dengan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof H Mujiburrahman.

Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil

Ia mengatakan kerja sama tersebut akan membuka banyak peluang antara akademisi dan SBA untuk terus menjalin kolaborasi dan kerja sama dalam pengembangan dunia pendidikan di Aceh.

General Manager SBA, Mochamad Anwar Bakti menjelaskan, kerja sama tersebut meliputi seminar, lokakarya, sosialisasi, magang, penelitian, kajian dan konsultasi, dukungan penyediaan tenaga pengajar atau tenaga ahli praktisi serta penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Ini adalah langkah konkret kami untuk terus mendukung pengembangan sektor pendidikan di Aceh yang sejalan dengan Pilar CSR SBA, yaitu SBA Cerdas, serta perwujudan salah satu misi Perusahaan yaitu untuk memberikan nilai tambah terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan,” kata Mochamad Anwar Bakti.

Baca juga: UIN Ar-Raniry bekali 90 peserta pelopor moderasi beragama

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023