PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh menjadikan Gampong Geuceu Meunara sebagai Desa Berdaya PLN guna mengembangkan ekosistem perekonomian yang dimulai dari hulu sampai ke hilir.

"Program Desa Berdaya PLN mengintegrasikan tiga pilar yakni pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK di Desa tersebut," kata Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum PLN UID Aceh Nurlana di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan pihaknya telah meresmikan Gampong Geuceu Meunara sebagai Desa Berdaya PLN yang bertujuan membangun kawasan desa tangguh binaan PLN dengan konsep empowerment sehingga dapat menjadi "Role Model" optimasi potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

Lewat program tersebut pihaknya membantu kios yang dapat digunakan sebagai lahan perputaran ekonomi gampong dengan melibatkan beberapa UMK.

Selanjutnya lembaga kursus bahasa inggris sebagai upaya memperkenalkan sejak dini bahasa asing sehingga anak-anak di gampong tersebut dapat bersaing sampai kancah Internasional dan program pengelolaan dan pengelompokan sampah yang dapat  didaur ulang dan menjadi bermanfaat.

PLN UID Aceh berharap Gampong Berdaya PLN tersebut dapat berkembang dan berlanjut sehingga menjadi Desa tangguh, lebih sejahtera dengan mendorong pertumbuhan ekonomi desa.

"Semoga lewat program ini mampu memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi kesejahteraan masyarakat dan dapat memberikan kebanggaan serta motivasi untuk terus tumbuh menjadi desa yang berprestasi," katanya.

 Keuchik/kepala desa Geuceu Meunara Aidil Azhari menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah memilih Desanya sebagai Desa Berdaya.

"Lewat program tersebut kami mendapat tiga jenis bantuan yaitu 5 unit kios gampong, Lembaga kursus bahasa inggris, dan Usaha daur ulang plastik," katanya.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023