Kepolisian Daerah (Polda) Aceh melalui Direktorat Lalu Lintas menggelar Operasi Zebra Rencong 2023 dengan menyasar pelanggaran lalu lintas di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Senin, mengatakan selain penindakan hukum, operasi tersebut juga memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat.

"Operasi zebra berlangsung 4 hingga 17 September 2023. Operasi ini untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang kondusif menjelang Pemilu 2024," katanya.

Baca juga: Polda Aceh tangani 323 kasus kecelakaan pada Agustus 2023

Perwira menengah Polda Aceh itu mengatakan operasi tersebut mengedepankan edukatif dan persuasif secara humanis. Operasi juga didukung penegakan hukum lalu lintas, baik secara elektronik statis maupun bergerak serta teguran.

"Tujuan operasi untuk meningkatkan tertib lalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan raya. Operasi ini bentuk hadirnya polisi lalu lintas di masyarakat sebagai wujud kecintaan Polri mencegah kecelakaan lalu lintas," katanya.
 

Muhammad Iqbal Alqudusy mengatakan ada beberapa prioritas yang menjadi target Operasi Zebra Seulawah 2023. Di antaranya, pengendara menggunakan telepon genggam saat berkendara.

Kemudian, pengendara di bawah umur. Pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari dua orang. Pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm serta pengemudi mobil tidak memakai sabuk pengaman.

"Pengendara atau pengemudi dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol, melawan arus lalu lintas, serta memacu kendaraan melebihi batas kecepatan," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh itu mengharapkan kepatuhan masyarakat berlalu lintas meningkat dengan adanya operasi zebra, sehingga fatalitas kecelakaan di jalan raya dapat ditekan. Sebab, kepatuhan masyarakat berlalu lintas merupakan kunci utama pencegahan kecelakaan.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah tertib lalu lintas. Bagi yang belum, agar segera mengubah kebiasaan menjadi tertib di jalan raya dengan mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Baca juga: Jalur alternatif untuk menghindari longsor di Jalan Lintasan Blangkejeren-Takengon

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023