Ulama Al-Azhar Kairo Mesir Syeikh DR Hisyam aal-Kamil Hamid Musa dijadwalkan mengisi daurah tentang menuntut ilmu dan kajian kitab-kitab karangannya di Dayah Insan Qurani, Aceh Besar, Minggu, 10 September 2023. 

"Alhamdulillah ada kabar gembira bagi santri Dayah Insan Qurani dan juga terbuka bagi masyarakat umum, Syeikh Hisyam akan mengisi Daurah di Dayah insan Qurani," kata Sekretaris Dayah Insan Qurani Alfirdaus Putra di Aceh Besar, Sabtu.

Kunjungan ke dayah tersebut merupakan bagian dari agenda rihlah ilmiah Syekh hisyam yang difasilitasi IKAT Aceh selama berada di Aceh terhitung mulai 10-12 September 2023.

Ia mengatakan, selama ini santri Insan Qurani juga menggunakan kitab karangan Syekh Hisyam dalam pembelajaran.

"Ada sekitar tiga kitab karangan Syeikh Hisyam digunakan di dayah. Sebelumnya beliau juga telah memberikan izin kepada Dayah insan Qurani untuk menggunakan kitab-kitab beliau," ujarnya.

Alfirdaus mengatakan, dayah Insan Qurani menyambut baik kehadiran ulama besar Al Azhar tersebut. Tentu ini suatu kemuliaan dan kehormatan bagi pengurus dan santri.

Agenda di dayah itu terbuka untuk umum pada hari Minggu pukul 11.00 WIB sampai dzuhur. Pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan Syekh Hisyam, termasuk live streaming melalui channel youtube Dayah Insan Qurani. 

"Ahlan WA marhaban bikum tuan guru, terimakasih untuk Ikat Aceh dan panitia yang telah membantu sehingga beliau bi Iznillah ada waktu luang ke Dayah Insan Qurani," kata Alfirdaus.

Untuk diketahui, Al-Allamah al-Faqih asy-Syaikh Hisyam al-Kamil Hamid Musa asy-Syafi’i al-Azhari lahir di distrik Syubra, Mesir pada 1 April 1972 M. Pendidikan formal beliau ditempuh di Universitas Al-Azhar Fakultas Syariah wal Qanun. Ia merampungkan jenjang strata 1 di kampus tersebut pada tahun 1995. 

Dikutip dari berbagai sumber, ia kemudian melanjutkan pendidikan magister di Fakultas Fikih Islam, Institut John Hever, Inggris dan selesai pada tahun 2008. Adapun doktoralnya diselesaikan di kampus dan jurusan yang sama pada tahun 2012. 

Selain pendidikan formal, beliau juga banyak berguru kepada para masyaikh ternama di Mesir. Diantara guru-gurunya adalah Syaikh Prof Dr Nuruddin Ali Jum’ah (mantan mufti Mesir dan anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar), Syaikh Ismail Shadiq al-‘Adawy rahimahullah (mantan Imam dan Khatib di Masjid Al-Azhar), Syaikh Dr. Muhammad Bakr Ismail, dan Syaikh Murad an-Naqsyabandi. 

Saat ini beliau menjabat sebagai Imam dan Khatib Masjid Al-Zahir Baibars, Kairo, dan juga aktif mengajar ilmu fiqih, mawaris, tauhid, dsb di Masjid Al-Azhar, Masjid Imam ad-Dardir, Madyafah Syekh Ismail Shadiq Al-Adawi, Sahah Syekh Sa’id Imran ad-Dah, Sahah Sidi Qazzaz, Muassasah Ruwaq, Dar Hadits Aliyyah, dan berbagai tempat lainnya. 

Berikut karya-karya Syeikh DR Hisyam aal-Kamil Hamid Musa
- Kitab Al-Mukhtashar fi Sirah Saidul Basyar 
- Kitab Al-Ilahiyah fi Al-Adab Al-Islami
- Kitab Khulashah Al-Anba Fi Qashashil Anbiya’
- Kitab Al-Anwar Al-Muhammadiyyah Syarah Al-Arba’in Al-Nawawiyyah
- Kitab Al-Isyraqat Al-Saniyyah bi Syarhi Al-Syamail Al-Muhammadiyyah
- Kitab Al-Imta’ bi Syarhi Matan Abi Syuja’
- Kitab Tabshiratul ‘Uqala bi Qashashil Anbiya’
- Kitab Fathul ‘Alam Syarah Mandhumatul Aqidatul ‘Awam
- Kitab Al-Taudhihat Al-Jaliyyah Syarhul Kharidah Al-Bahiyyah
- Kitab Al-‘Ujalatur Rahabiah Syarhu matan Al-Rahabiah.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023